Minggu, 29 Januari 2017

CONTOH SILABUS FILSAFAT ILMU




SILABUS

MATA KULIAH                : FILSAFAT ILMU
SKS                                      : 3 SKS
MAHASISWA                    : S2 MP
DOSEN                                : DR. SURYADI/ DR. ARITA MARINI

A. STANDAR KOMPETENSI:

      Mahasiswa memiliki pengetahuan, dan pemahaman tentang konsep dasar berpikir filsafat, konsep dasar filsafat ilmu (ontologi, epistemologi, dan aksiologi, struktur pengetahuan ilmiah, metede ilmiah, relasi ilmu dan pengembangan budaya, tanggung jawab sosial ilmuwan.  Disamping itu mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan cara berpikir filsafat dan cara berpikir ilmiah dalam menghadapi kehidupan akademik.


B. BUKU SUMBER:

      Bakhtiar, A. (2004). Filsafat Ilmu, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

      Kattsoff, L. (2004). Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Tiara Wacana

Lubis, S. (2012). Filsafat Ilmu dan Penelitian, Medan: PT. Sofmedia

Muslih, M. (2005). Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan.Yogyakarta: Belukar

Mudyahardjo, R. (2001). Filsafat Ilmu Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, U. (2004). Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Semiawan, Conny, at al, Panorama Filsafat Ilmu Landasan Perkembangan Ilmu Sepanjang Zaman. Jakarta: Teraju 2005

Suriasumantri, J. (2005). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Tafsir, A. (2003). Filsafat Umum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya


C. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Pert.


Kompetensi  dan sub kompetensi
Indikator
Subtansi kajian
Pengalaman Belajar
Tagihan / Evaluasi
T
P
L
Strategi Pembelajaran
1-2
Mahasiswa mampu memahami konsep tentang: Filsafat Ilmu
Mahasiswa memahami perbedaan mendasar mengenai konsep:
1. Filsafat, Ilmu (Science) dan Filsafat Ilmu
2. Makna dan manfaat mempelajari filsafat ilmu
3. Jenis-jenis ruang lingkup pengetahuan (knowledge)
1. Konsep filsafat, ilmu, dan filsafat ilmu
2. Karakteristik berpikir filsafat
3. Objek tela’ah filsafat
4. Makna dan manfaat mempelajari filsafat ilmu
5. Perbedaan mendasar antara filsafat, ilmu, seni, dan pengetahuan lain (mistik, agama, dst)
Ö
Ö

Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
3-4
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar bidang kajian Filsafat Ilmu
Mahasiswa mampu memahami konsep aksiologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
1.Hakikat ontologi, dan perbedaan ilmu dengan pengetahuan lain
2. Hakikat epistemologi ilmu, struktur dan prosedur penyusunan pengetahuan ilmiah
3. Sumbangan ilmu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
5
Mahasiswa mampu berpikir secara logis dan analitis
Mahasiswa mampu memahami perbedaan penalaran dan cara berpikir lainnya, dan mampu menerapkan cara berpikir nalar dalam kehidupan akademik

1. Pengertian penalaran
2. Perbedaan nalar dan berpikir lain
3. Karakteristik penalaran
4. Pengertian logika
5. Jenis-jenis logika
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
6
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan berbagai sumber pengetahuan secara proporsional
Mahasiswa memahami tingkatan perkembangan pengetahuan manusia, berbagai macam sumber pengetahuan, sumber pengetahuan yang dapat dijadikan pijakan dalam mengkonstruksi pengetahuan ilmiah (Ilmu)

1. Tahap-tahap perkembangan pengetahuan manusia
2. Sumber pengetahuan (rasional, empiris, intuisi, dan wahyu)
3. Karakteristik masing-masing sumber pengetahuan
4. Sumber pengetahuan yang didasarkan pada rasionalitas dan pengalaman (empiris) sebagai pijakan manusia
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
7
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kriteria kebenaran koherensi, korespondensi dan pragmatisme dalam menyusun thesis
Mahasiswa memahami konsep dan kriteria kebenaran koherensi, konsep dan kriteria kebenaran korespondensi, konsep dan kriteria kebenaran pragmatis, dan implikasi ketiga konsep kriteria kebenaran dalam penyusunan karya ilmiah
1. Pengertian konsep kriteria kebenaran koherensi
2. Pengertian konsep kriteria kebenaran korespondensi
3. Pengertian konsep kriteria kebenaran pragmatis
4. Manfaat konsep ketiga kriteria kebenaran dalam penyusunan karya ilmiah
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
8.
UJIAN TENGAH SEMESTER
9.
Mahasiswa mampu mengimplementasikan metode ilmiah dan prosedurnya dalam penyusunan thesis
Mahasiswa memahami paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, hakikat struktur dan metode ilmiah, dan langkah-langkah dan prosedur yang dilakukan dalam mengkonstruksi pengetahuan ilmiah
1. Hakikat paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif
2. Hakikat struktur pengetahuan ilmiah dan metode ilmiah
3. Langkah-langkah dan prosedur implementasi metode ilmiah dalam penelitian ilmiah
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
10-11
Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep matematika, bahasa, dan statistika sebagai sarana berpikir ilmiah
Mahasiswa memahami fungsi bahasa sebagai sarana berpikir ilmiah, fungsi matematika sebagai sarana berpikir ilmiah, dan fungsi statistika sebagai sarana berpikir ilmiah
1. Hakikat bahasa sebagai sarana berpikir ilmiah
2. Hakikat matematika sebagai sarana berpikir ilmiah dengan menggunakan pola penalaran deduktif
3. Hakikat statistika sebagai sarana berpikir ilmiah dengan menggunakan pola penalaran induktif
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
12
Mahasiswa memahami relasi antara peran ilmu (science) dan moral
Mahasiswa mampu memahami secara proporsional kaitan antara peran ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kemaslahatan umat manusia dalam kerangka moral kemanusiaan
1. Dampak ilmu dan teknologi yang bersifat konstruktif dan destruktif
2. Kedudukan ilmu yang bebas nilai dan berpihak kepada kemanusiaan
3. Kaitan ilmu dan pengembangannya dengan konsep moral kemanusiaan
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
13
Mahasiswa mampu memahami konsep tanggung jawab sosial ilmuwan dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan
Mahasiswa memahami arti tanggung jawab sosial ilmuwan dan memiliki sikap sebagai ilmuwan yang memiliki tanggung jawab sosial
1. Peran dan tanggung jawab sosial ilmuwan dalam ranah ontologi, epistemologi, dan aksiologi keilmuwan
2. Studi kasus dampak ilmu dan teknologi dalam kehidupan manusia
Ö
Ö
Ö
Brainstorming
Indirect teaching
Hasil tugas kelompok
14-15
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan struktur pengetahuan ilmiah dalam proses membuat karya ilmiah
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, serta langkah-langkah dan prosedur teknik penyusunan karya ilmiah
1. Langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari pengajuan masalah sampai pada penarikan kesimpulan
2. Teknik notasi ilmiah (penggunaan ibid, op.cit, loc.cit dalam catatan kaki dan penulisan daftar pustaka)





16
UJIAN AKHIR SEMESTER


D. SISTEM PENILAIAN
            Selama perkuliahan penilaian sudah dilakukan. Nilai akhir ditentukan dengan uraian sebagai berikut:
1.   Kehadiran       10 %                                                               
2    Tugas               20 %                                
3.   UTS                 30 %
4.   UAS                40 %                                                             
 __________________________________________________
 Jumlah            100 %

Tidak ada komentar:

Posting Komentar