SILABUS
MATA
KULIAH : FILSAFAT ILMU
SKS : 3 SKS
MAHASISWA : S2 MP
DOSEN : DR. SURYADI/ DR.
ARITA MARINI
A. STANDAR
KOMPETENSI:
Mahasiswa memiliki pengetahuan, dan pemahaman tentang konsep
dasar berpikir filsafat, konsep dasar filsafat ilmu (ontologi, epistemologi,
dan aksiologi, struktur pengetahuan ilmiah, metede ilmiah, relasi ilmu dan
pengembangan budaya, tanggung jawab sosial ilmuwan. Disamping itu mahasiswa memiliki kemampuan
untuk mengimplementasikan cara berpikir filsafat dan cara berpikir ilmiah dalam
menghadapi kehidupan akademik.
B. BUKU
SUMBER:
Bakhtiar,
A. (2004). Filsafat Ilmu, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Kattsoff,
L. (2004). Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Tiara Wacana
Lubis, S. (2012). Filsafat Ilmu dan Penelitian,
Medan: PT. Sofmedia
Muslih, M. (2005). Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan
Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan.Yogyakarta: Belukar
Mudyahardjo, R. (2001). Filsafat Ilmu Pendidikan,
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, U. (2004). Pengantar Filsafat
Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Semiawan, Conny, at al, Panorama Filsafat Ilmu Landasan Perkembangan Ilmu
Sepanjang Zaman. Jakarta: Teraju 2005
Suriasumantri, J. (2005). Filsafat Ilmu: Sebuah
Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Tafsir, A. (2003). Filsafat
Umum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
C.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pert.
|
Kompetensi dan sub kompetensi
|
Indikator
|
Subtansi kajian
|
Pengalaman Belajar
|
Tagihan / Evaluasi
|
|||
T
|
P
|
L
|
Strategi Pembelajaran
|
|||||
1-2
|
Mahasiswa mampu memahami konsep tentang: Filsafat Ilmu
|
Mahasiswa memahami perbedaan mendasar mengenai
konsep:
1. Filsafat, Ilmu
(Science) dan Filsafat Ilmu
2. Makna dan manfaat
mempelajari filsafat ilmu
3. Jenis-jenis ruang lingkup pengetahuan (knowledge)
|
1. Konsep filsafat, ilmu, dan filsafat ilmu
2. Karakteristik
berpikir filsafat
3. Objek tela’ah
filsafat
4. Makna dan manfaat
mempelajari filsafat ilmu
5. Perbedaan mendasar
antara filsafat, ilmu, seni, dan pengetahuan lain (mistik, agama, dst)
|
Ö
|
Ö
|
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
3-4
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep dasar bidang kajian Filsafat Ilmu
|
Mahasiswa mampu memahami
konsep aksiologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
|
1.Hakikat ontologi, dan
perbedaan ilmu dengan pengetahuan lain
2. Hakikat epistemologi
ilmu, struktur dan prosedur penyusunan pengetahuan ilmiah
3. Sumbangan ilmu dalam
meningkatkan kualitas hidup manusia
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
5
|
Mahasiswa mampu berpikir secara logis dan analitis
|
Mahasiswa mampu memahami perbedaan penalaran dan cara berpikir lainnya,
dan mampu menerapkan cara berpikir nalar dalam kehidupan akademik
|
1. Pengertian penalaran
2. Perbedaan nalar dan
berpikir lain
3. Karakteristik
penalaran
4. Pengertian logika
5. Jenis-jenis logika
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
6
|
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan berbagai sumber
pengetahuan secara proporsional
|
Mahasiswa memahami
tingkatan perkembangan pengetahuan manusia, berbagai macam sumber
pengetahuan, sumber pengetahuan yang dapat dijadikan pijakan dalam
mengkonstruksi pengetahuan ilmiah (Ilmu)
|
1. Tahap-tahap
perkembangan pengetahuan manusia
2. Sumber pengetahuan
(rasional, empiris, intuisi, dan wahyu)
3. Karakteristik
masing-masing sumber pengetahuan
4. Sumber pengetahuan
yang didasarkan pada rasionalitas dan pengalaman (empiris) sebagai pijakan
manusia
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
7
|
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kriteria kebenaran koherensi,
korespondensi dan pragmatisme dalam menyusun thesis
|
Mahasiswa memahami konsep dan kriteria kebenaran koherensi, konsep dan
kriteria kebenaran korespondensi, konsep dan kriteria kebenaran pragmatis,
dan implikasi ketiga konsep kriteria kebenaran dalam penyusunan karya ilmiah
|
1. Pengertian konsep
kriteria kebenaran koherensi
2. Pengertian konsep
kriteria kebenaran korespondensi
3. Pengertian konsep
kriteria kebenaran pragmatis
4. Manfaat konsep
ketiga kriteria kebenaran dalam penyusunan karya ilmiah
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
8.
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|||||||
9.
|
Mahasiswa mampu mengimplementasikan metode ilmiah dan prosedurnya dalam
penyusunan thesis
|
Mahasiswa memahami paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif,
hakikat struktur dan metode ilmiah, dan langkah-langkah dan prosedur yang
dilakukan dalam mengkonstruksi pengetahuan ilmiah
|
1. Hakikat paradigma
penelitian kuantitatif dan kualitatif
2. Hakikat struktur
pengetahuan ilmiah dan metode ilmiah
3. Langkah-langkah dan
prosedur implementasi metode ilmiah dalam penelitian ilmiah
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
10-11
|
Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep matematika, bahasa,
dan statistika sebagai sarana berpikir ilmiah
|
Mahasiswa memahami fungsi bahasa sebagai sarana berpikir ilmiah, fungsi
matematika sebagai sarana berpikir ilmiah, dan fungsi statistika sebagai
sarana berpikir ilmiah
|
1. Hakikat bahasa
sebagai sarana berpikir ilmiah
2. Hakikat matematika
sebagai sarana berpikir ilmiah dengan menggunakan pola penalaran deduktif
3. Hakikat statistika
sebagai sarana berpikir ilmiah dengan menggunakan pola penalaran induktif
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
12
|
Mahasiswa memahami relasi antara peran ilmu (science) dan moral
|
Mahasiswa mampu memahami secara proporsional kaitan antara peran ilmu
pengetahuan untuk meningkatkan kemaslahatan umat manusia dalam kerangka moral
kemanusiaan
|
1. Dampak ilmu dan
teknologi yang bersifat konstruktif dan destruktif
2. Kedudukan ilmu yang
bebas nilai dan berpihak kepada kemanusiaan
3. Kaitan ilmu dan
pengembangannya dengan konsep moral kemanusiaan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
13
|
Mahasiswa mampu memahami konsep tanggung jawab sosial ilmuwan dan mampu
mengimplementasikannya dalam kehidupan
|
Mahasiswa memahami arti tanggung jawab sosial ilmuwan dan memiliki sikap
sebagai ilmuwan yang memiliki tanggung jawab sosial
|
1. Peran dan tanggung
jawab sosial ilmuwan dalam ranah ontologi, epistemologi, dan aksiologi
keilmuwan
2. Studi kasus dampak
ilmu dan teknologi dalam kehidupan manusia
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Brainstorming
Indirect teaching
|
Hasil tugas kelompok
|
14-15
|
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan struktur pengetahuan
ilmiah dalam proses membuat karya ilmiah
|
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah, serta
langkah-langkah dan prosedur teknik penyusunan karya ilmiah
|
1. Langkah-langkah
penelitian ilmiah mulai dari pengajuan masalah sampai pada penarikan
kesimpulan
2. Teknik notasi ilmiah
(penggunaan ibid, op.cit, loc.cit dalam catatan kaki dan penulisan daftar
pustaka)
|
|
|
|
|
|
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
D. SISTEM
PENILAIAN
Selama perkuliahan penilaian sudah dilakukan. Nilai akhir ditentukan
dengan uraian sebagai berikut:
1. Kehadiran 10
%
2 Tugas 20
%
3. UTS 30
%
4. UAS
40 %
__________________________________________________
Jumlah 100
%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar