PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUMATERA UTARA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUMATERA UTARA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
KONTRAK
DAN SILABUS PERKULIAHAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER GENAP
1. Identitas
Mata Kuliah
IDENTITAS
|
|
Mata Kuliah
|
MANAJEMEN BERBASIS
SEKOLAH (MBS)
|
Bobot
|
2 SKS
|
Semester/Prodi
|
IV/PGSD
|
Kode Mata Kuliah
|
KIP
405
|
Nama Dosen
Pengampu
|
ZON SAROHA
RITONGA, M.Pd
|
HP/WA
|
085275752347
|
E-Mail
|
Zon.saroha@yahoo.com
|
2. Kompetensi
Kompetensi
yang ingin capai dalam mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah ini adalah
Mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, wawasan yang luas tentang manajemen
berbasis sekolah dan terampil mengaplikasikannya dalam praktik pendidikan
secara professional.
3.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata
Kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar manajemen berbasis sekolah yang mencakup:
pengertian, tujuan, manfaat, komponen dan karakteristik. Serta implementasi,
strategi, efektivitas dan tentang implementasi manajemen berbasis sekolah
sebagai penunjang kelimuan pendidik.
4. Tata
Tertip Dalam Perkuliahan
1.
Penampilan dan berpakaian
Rapi Dan Bersepatu, Tidak Memakai Kaos dan Sandal
2.
Rambut Harus Rapi (Tidak
Panjang atau Gondrong Untuk Pria)
3.
Kehadiran Mahasiswa, Jumlah kehadiran dalam
tatap muka 75 % keseluruhan Tatap muka (75% X 16) satu semester.
4.
Selama waktu perkuliahan
(tatap muka) semua Hp dimatikan atau dibuat senyap (tanpa suara)
5.
Penyerahan tugas kelompok
dalam bentuk Hard Copy, dan Soft Copy di kirim ke e-mail. Tugas
diserahkan tepat waktu sesuai jadwal.
6. Setiap
materi yang akan di bahas mahasiswa diwajibkan membuat resume/catatan (Peta
Konsep Materi)
5. Kriteria
Penilaian Mata Kuliah
Penilaian
mata kuliah merupakan intergrasi dari penilaian semua aktifitas pembelajaran
yang mencakup belajar terbimbing, terstruktur, maupun mandiri dalam
bentuk-bentuk keaktifan mahasiswa dalam setiap tatap muka, serta tugas-tugas
perkuliahan dalam bentuk penilaian formatif yaitu formatif 1 sampai dengan
formatif 4.
TAGIHAN
MATA KULIAH
|
PERSENTASE
PENILAIAN (%)
|
F1 Ujian Akhir Semester
|
25 %
|
F2 Ujian Tengah Semester
|
20 %
|
F3 Tugas
|
25 %
|
F4 Kuis
|
10 %
|
F5 Partisipasi
|
10 %
|
F6 Sikap
|
10 %
|
|
-
|
F1 + F2 +F3+ F4+F5+F6
|
100 %
|
6. Tranformasi
Skor ke Nilai
RENTANG
NILAI
|
||
SKOR
|
NILAI
ANGKA
|
NILAI
HURUF
|
80 – 100
|
4
|
A
|
70 – 79
|
3
|
B
|
60 - 69
|
2
|
C
|
50 - 59
|
1
|
D
|
< 49
|
0
|
E
|
7. Materi Pokok
1.
Pengertian
Manajemen
Berbasis Sekolah
2.
Tujuan dan Manfaat
Manajemen Berbasis Sekolah
3.
Konsep
Manajemen
Berbasis Berbasis Sekolah
4.
Langkah – Langkah Dalam
Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah
5.
Komponen-Komponen Manajemen
Berbasis Sekolah
6.
Karakteristik Manajemen Berbasis
Sekolah
7.
Implementasi Manajemen
Berbasis Sekolah
8.
Strategi Pelaksanaan
Manajemen Berbasis Sekolah
9.
Efektivitas Manajemen
Berbasis Sekolah
10. Peran
Serta Masyarakat (PSM)
11. Pihak-Pihak Yang Berperan Dalam
Manajemen Berbasis Sekolah
12. Praktik Manajemen Berbasis
Sekolah
13. Hubungan Antara
Manajemen Berbasis Sekolah dengan Peningkatan Mutu Pendidikan
1. Kontrak
Perkuliahan Mahasiswa Dengan Dosen
Tatap
Muka
|
Pokok
Bahasan
|
KBM
|
Media
|
Evaluasi
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Orientasi Perkuliahan/Silabus
|
Menjelaskan
|
Mendengarkan dan Bertanya
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
|
-
|
2
|
Pengertian Manajemen
Berbasis Sekolah
|
Menjelaskan
|
Mendengarkan dan
Bertanya
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
|
|
3
|
Tujuan dan Manfaat Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
4
|
Konsep Manajemen Berbasis
Sekolah
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
5
|
Langkah – Langkah Dalam Melaksanakan Manajemen
Berbasis Sekolah
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah
kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
6
|
Komponen-Komponen Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
Tatap
Muka
|
Pokok
Bahasan
|
KBM
|
Media
|
Evaluasi
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
|
7
|
Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
8
|
Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
9
|
Mid
Semester
|
Mengawas
|
Ujian
Tertulis
|
Soal-Soal
|
-
|
10
|
Strategi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya
jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
F.Copy Makalah
|
|
11
|
Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya
jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
12
|
Peran Serta Masyarakat (PSM)
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya
jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
13
|
Pihak-Pihak
Yang Berperan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
Tatap
Muka
|
Pokok
Bahasan
|
KBM
|
Media
|
Evaluasi
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
7
|
14
|
Praktik
Manajemen Berbasis Sekolah
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
15
|
Hubungan
Antara Manajemen Berbasis Sekolah dengan Peningkatan Mutu Pendidikan
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
16
|
Ujian Ahir Semester
|
Mengawas
|
Ujian Tertulis/Take Home
|
Soal-Soal
|
-
|
15.
Sumber
Buku/Literature
Amiruddin
dkk. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Ciputat: Quantum Teaching,
2006.
Depdiknas.
Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Diknasmen, 2001
__________.
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta:
Dharma Bakti,
2006.
Fermadi,
Dadi. Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah.
Bandung: Sarana Pancakarya Nusa,
2001.
Malayu S.P Hasibuan. Manajemen (Dasar, pengertian dan masalah). Jakarta: PT Bumi Aksara,
2007
Mukhneri Mukhtar. Supervision
(improving performance and development quality in education). Jakarta: PPs
UNJ Press, 2011
. Pengawasan Pendidikan. Jakarta: BPJM Press UNJ, 2013.
Mulyana.
Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya, 2003.
Nanang
Fattah. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah.
Bandung: Pustaka Bani Quraisy,
2004.
Nurkolis.
Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo, 2003.
Rohiyat.
Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Adimata,
2010.
Usman
Husaini. Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Ditetapkan : Di Medan
Pada tanggal : 04 Februari
2017
Dosen
Pengampu
Zon Saroha Ritonga, M.Pd
|
Kepala Prodi PGSD
Nina Hastina, S.Pd, M.Pd
Nip.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar