PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUMATERA UTARA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUMATERA UTARA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
KONTRAK
DAN SILABUS PERKULIAHAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER GENAP
1. Identitas
Mata Kuliah
IDENTITAS
|
|
Mata Kuliah
|
PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK
|
Bobot
|
2 SKS
|
Semester/Prodi
|
II/PGSD
|
Kode Mata Kuliah
|
KIP
214
|
Nama Dosen
Pengampu
|
ZON SAROHA
RITONGA, M.Pd
|
HP/WA
|
085275752347
|
E-Mail
|
2. Kompetensi
Kompetensi
yang ingin capai dalam mata kuliah Perkembangan
Peserta Didik ini adalah Mahasiswa memahami dinamika perkembangan peserta didik khususnya
umur-umur SD sehingga memperlancar
tugas guru dalam proses pembelajaran.
3.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata
Kuliah ini mengkaji: (1) Konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan (2) Pengertian, prinsip,
pendekatan perkembangan peserta didik (3) Faktor-faktor
yang mempengaruhi perkembangan (4)Tahap-tahap
perkembangan peserta didik (5) Konsep
dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan (6) Perkembangan fisik peserta
didik (7) Perkembangan kognitif perserta didik (8) Perkembangan bahasa peserta didik (9) Perkembangan
sosioemosional peserta didik (10)Perkembangan moral
dan religi peserta didik (11) Multiple
Inteligent (kecerdasan majemuk) anak usia SD
(12) Problematika peserta didik dalam
pembelajaran/pendidikan. (13) Peran guru dalam memfasilitasi
perkembangan peserta didik
4. Tata
Tertip Dalam Perkuliahan
1.
Penampilan dan berpakaian
Rapi Dan Bersepatu, Tidak Memakai Kaos dan Sandal
2.
Rambut Harus Rapi (Tidak
Panjang atau Gondrong Untuk Pria)
3.
Kehadiran Mahasiswa, Jumlah kehadiran dalam
tatap muka 75 % keseluruhan Tatap muka (75% X 16) satu semester.
4.
Selama waktu perkuliahan
(tatap muka) semua Hp dimatikan atau dibuat senyap (tanpa suara)
5. Penyerahan
tugas kelompok dalam bentuk Hard Copy, dan Soft Copy di kirim ke e-mail. Tugas
diserahkan tepat waktu sesuai jadwal.
5. Kriteria
Penilaian Mata K
6. uliah
Penilaian
mata kuliah merupakan intergrasi dari penilaian semua aktifitas pembelajaran
yang mencakup belajar terbimbing, terstruktur, maupun mandiri dalam
bentuk-bentuk keaktifan mahasiswa dalam setiap tatap muka, serta tugas-tugas
perkuliahan dalam bentuk penilaian formatif yaitu formatif 1 sampai dengan
formatif 4.
TAGIHAN
MATA KULIAH
|
PERSENTASE
PENILAIAN (%)
|
F1 Ujian Akhir Semester
|
25 %
|
F2 Ujian Tengah Semester
|
20 %
|
F3 Tugas
|
25 %
|
F4 Kuis
|
10 %
|
F5 Partisipasi
|
10 %
|
F6 Sikap
|
10 %
|
|
-
|
F1 + F2 +F3+ F4+F5+F6
|
100 %
|
7. Tranformasi
Skor ke Nilai
RENTANG
NILAI
|
||
SKOR
|
NILAI
ANGKA
|
NILAI
HURUF
|
80 – 100
|
4
|
A
|
70 – 79
|
3
|
B
|
60 - 69
|
2
|
C
|
50 - 59
|
1
|
D
|
< 49
|
0
|
E
|
8. Materi Pokok
1. Konsep
perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan
2.
Pengertian, prinsip,
pendekatan perkembangan peserta didik
3.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan
4.
Tahap-tahap perkembangan
peserta didik
5.
Konsep dan tugas
perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan
6.
Perkembangan fisik peserta
didik
7.
Perkembangan kognitif perserta didik
8.
Perkembangan bahasa peserta didik
9.
Perkembangan sosioemosional peserta didik
10. Perkembangan moral dan religi peserta didik
11. Multiple
Inteligent (kecerdasan majemuk) anak usia SD
12. Problematika
peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan.
13. Peran guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta
didik
1. Kontrak
Perkuliahan Mahasiswa Dengan Dosen
Tatap
Muka
|
Pokok
Bahasan
|
KBM
|
Media
|
Evaluasi
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Orientasi Perkuliahan/Silabus
|
Menjelaskan
|
Mendengarkan dan Bertanya
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
|
-
|
2
|
Konsep perkembangan dalam kontelasi
psikologi dan pendidikan
|
Menjelaskan
|
Mendengarkan dan
Bertanya
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
|
|
3
|
Pengertian, prinsip, pendekatan perkembangan peserta didik
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
4
|
Faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
5
|
Tahap-tahap perkembangan peserta didik
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
6
|
Konsep dan tugas perkembangan
berdasarkan tahapan perkembangan
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
Tatap
Muka
|
Pokok
Bahasan
|
KBM
|
Media
|
Evaluasi
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
|
7
|
Perkembangan fisik peserta didik
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
8
|
Perkembangan kognitif peserta didik
|
Menilai content isi makalah, mengembangkan dan
menjelaskan
|
Menyajikan tugas
makalah kelompok, papper, Power
Point, dan diskusi tanya jawab
|
1. Infocus
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis
4. F.Copy Makalah
|
|
9
|
Mid
Semester
|
Mengawas
|
Ujian
Tertulis
|
Soal-Soal
|
-
|
10
|
Perkembangan bahasa peserta didik
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya
jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
F.Copy Makalah
|
|
11
|
Perkembangan sosioemosional peserta didik
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya
jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
12
|
Perkembangan moral
dan religi peserta didik
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya
jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
13
|
Multiple Inteligent (kecerdasan majemuk)
anak usia SD
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
Tatap
Muka
|
Pokok
Bahasan
|
KBM
|
Media
|
Evaluasi
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
7
|
14
|
Problematika peserta didik dalam
pembelajaran/pendidikan.
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
15
|
Peran guru dalam
memfasilitasi perkembangan peserta didik
|
Menilai content
isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
|
Menyajikan tugas makalah kelompok, Power Point, dan diskusi tanya jawab
|
1.
Infocus
2.
Papan Tulis
3.
Alat Tulis
4.
Copy Makalah
|
|
16
|
Ujian Ahir Semester
|
Mengawas
|
Ujian Tertulis/Take Home
|
Soal-Soal
|
-
|
15.
Sumber
Buku/Literature
1. Buku/Bahan Bacaan Pokok :
a. Masganti sit (2012). Perkembangan
Peserta Didik, Medan: Perdana Publishing
b. Syamsu Yunus & Nani M.Sugandhi ( 2013) Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
c. Tim Pengajar (2009) Perkembangan
Peserta Didik, Medan: Universitas Negeri Medan
2. Buku/Bahan Bacaan Penunjang :
a. Abu Ahmadi & Munawar Saleh (2005). Psikologi
Perkembangan, Jakarta : PT.RinekaCipta
b. Agoes Soeyanto (2005).Psikologi
Perkembangan, Jakarta : PT.Rineka Cipta
c. H.Sunarto & Ny.Agung Hartono (2002). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Depdikbud bekerja sama dengan
PT Rineka Cipta
d. Sudarwan
Danim, (2011), Perkembangan Peserta Didik,
Bandung: Alfabeta
e. Hurlock, E.B. (1975). Developmental
Psychology, USA
f. Rochmat Wahab & M.Solehuddin (1999). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik,Jakarta: Depdikbud
g. F.J.Monks, cs. (1999). Psikologi
Perkembangan, Pengantar dalam berbagai bagiannya, Yogyakarta : Gajah Mada
University Press.
h.
Syaiful Bahri Djamarah
(2002). Psikologi Belajar, Jakarta :
PT. Rineka Cipta.
Ditetapkan : Di Medan
Pada tanggal : 04 Februari
2017
Dosen
Pengampu
Zon Saroha Ritonga, M.Pd
|
Kepala Prodi PGSD
Nina Hastina, S.Pd, M.Pd
Nip.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar