Senin, 06 Februari 2017

SILABUS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK PGSD



 

PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUMATERA UTARA
TAHUN AKADEMIK
2016/2017


KONTRAK DAN SILABUS PERKULIAHAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER GENAP


1.   Identitas Mata Kuliah 

IDENTITAS
Mata Kuliah
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Bobot
2 SKS
Semester/Prodi
II/PGSD
Kode Mata Kuliah
KIP 214
Nama Dosen Pengampu
ZON SAROHA RITONGA, M.Pd
HP/WA
085275752347
E-Mail

2.   Kompetensi         

Kompetensi yang ingin capai dalam mata kuliah Perkembangan Peserta Didik ini adalah Mahasiswa memahami  dinamika perkembangan peserta didik khususnya umur-umur SD  sehingga memperlancar tugas  guru dalam proses pembelajaran.

3.   Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini mengkaji: (1) Konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan (2) Pengertian, prinsip, pendekatan perkembangan peserta didik (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan (4)Tahap-tahap perkembangan peserta didik (5) Konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan (6) Perkembangan fisik peserta didik (7) Perkembangan kognitif perserta didik (8) Perkembangan bahasa peserta didik (9) Perkembangan sosioemosional peserta didik (10)Perkembangan moral dan religi peserta didik (11) Multiple Inteligent (kecerdasan majemuk) anak usia SD (12) Problematika peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan.  (13) Peran guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik

4.   Tata Tertip Dalam Perkuliahan

1.    Penampilan dan berpakaian Rapi Dan Bersepatu, Tidak Memakai Kaos dan Sandal
2.    Rambut Harus Rapi (Tidak Panjang atau Gondrong Untuk Pria)
3.    Kehadiran Mahasiswa, Jumlah kehadiran dalam tatap muka 75 % keseluruhan Tatap muka (75% X 16) satu semester.
4.    Selama waktu perkuliahan (tatap muka) semua Hp dimatikan atau dibuat senyap (tanpa suara)
5.    Penyerahan tugas kelompok dalam bentuk Hard Copy, dan Soft Copy di kirim ke e-mail. Tugas diserahkan tepat waktu sesuai jadwal.

5.   Kriteria Penilaian Mata K
6.   uliah

Penilaian mata kuliah merupakan intergrasi dari penilaian semua aktifitas pembelajaran yang mencakup belajar terbimbing, terstruktur, maupun mandiri dalam bentuk-bentuk keaktifan mahasiswa dalam setiap tatap muka, serta tugas-tugas perkuliahan dalam bentuk penilaian formatif yaitu formatif 1 sampai dengan formatif  4.

TAGIHAN MATA KULIAH

PERSENTASE PENILAIAN (%)
F1 Ujian Akhir Semester
25 %
F2 Ujian Tengah Semester
20 %
F3 Tugas
25 %
F4 Kuis
10 %
F5 Partisipasi
10 %
F6 Sikap
10 %

-
F1 + F2 +F3+ F4+F5+F6
100 %

7.   Tranformasi Skor ke Nilai

RENTANG NILAI

SKOR
NILAI ANGKA
NILAI HURUF
80 – 100
4
A
70 – 79
3
B
60 - 69
2
C
50 - 59
1
D
< 49
0
E


8.   Materi Pokok

1.    Konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan
2.    Pengertian, prinsip, pendekatan perkembangan peserta didik
3.    Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
4.    Tahap-tahap perkembangan peserta didik
5.    Konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan
6.    Perkembangan fisik peserta didik
7.    Perkembangan kognitif perserta didik
8.    Perkembangan bahasa peserta didik
9.    Perkembangan sosioemosional peserta didik
10. Perkembangan moral dan religi peserta didik
11. Multiple Inteligent (kecerdasan majemuk) anak usia SD
12. Problematika peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan.
13. Peran guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik



1.   Kontrak Perkuliahan Mahasiswa Dengan Dosen
Tatap
Muka
Pokok
Bahasan
KBM
Media
Evaluasi
Dosen
Mahasiswa
1
2
4
5
6
7
1

Orientasi Perkuliahan/Silabus

Menjelaskan
Mendengarkan dan Bertanya
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
-
2
Konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan


Menjelaskan

Mendengarkan dan Bertanya
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis

3

Pengertian, prinsip, pendekatan perkembangan peserta didik

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  F.Copy Makalah

4

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.   Infocus
2.   Papan Tulis
3.   Alat Tulis
4.   F.Copy Makalah

5

Tahap-tahap perkembangan peserta didik

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok, papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  F.Copy Makalah

6
Konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.   Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  F.Copy Makalah


Tatap
Muka
Pokok
Bahasan
KBM
Media
Evaluasi
Dosen
Mahasiswa
1
2
4
5
6

7

Perkembangan fisik peserta didik

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  F.Copy Makalah

8

Perkembangan kognitif peserta didik

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  F.Copy Makalah

9
Mid Semester
Mengawas
Ujian Tertulis
Soal-Soal
-
10

Perkembangan bahasa peserta didik
Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  F.Copy Makalah


11

Perkembangan sosioemosional peserta didik
Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  Copy Makalah

12

Perkembangan moral dan religi peserta didik

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,   papper, Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  Copy Makalah

13
Multiple Inteligent (kecerdasan majemuk) anak usia SD
Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,  Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  Copy Makalah


Tatap
Muka
Pokok
Bahasan
KBM
Media
Evaluasi
Dosen
Mahasiswa
1
2
4
5
6
7
14
Problematika peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan.

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,  Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  Copy Makalah

15

Peran guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik

Menilai  content isi makalah, mengembangkan dan menjelaskan
Menyajikan tugas makalah kelompok,  Power Point, dan diskusi tanya jawab
1.  Infocus
2.  Papan Tulis
3.  Alat Tulis
4.  Copy Makalah

16
Ujian Ahir Semester
Mengawas
Ujian Tertulis/Take Home
Soal-Soal
-

15.                Sumber Buku/Literature
1. Buku/Bahan Bacaan Pokok :
a.    Masganti sit (2012). Perkembangan Peserta Didik, Medan: Perdana Publishing
b.    Syamsu Yunus & Nani M.Sugandhi ( 2013) Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
c.    Tim Pengajar (2009) Perkembangan Peserta Didik, Medan: Universitas Negeri Medan

2. Buku/Bahan Bacaan Penunjang :
a.    Abu Ahmadi & Munawar Saleh (2005). Psikologi Perkembangan, Jakarta : PT.RinekaCipta
b.    Agoes Soeyanto (2005).Psikologi Perkembangan, Jakarta : PT.Rineka Cipta
c.    H.Sunarto & Ny.Agung Hartono (2002). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Depdikbud bekerja sama dengan PT Rineka Cipta
d.    Sudarwan Danim, (2011), Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta
e.    Hurlock, E.B. (1975). Developmental Psychology, USA
f.     Rochmat Wahab & M.Solehuddin (1999). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik,Jakarta:  Depdikbud
g.    F.J.Monks, cs. (1999). Psikologi Perkembangan, Pengantar dalam berbagai bagiannya, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
h.    Syaiful Bahri Djamarah (2002). Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.


                                                                                                                             Ditetapkan          :  Di Medan
                                                          Pada tanggal : 04 Februari 2017

Dosen Pengampu


Zon Saroha Ritonga, M.Pd
Kepala Prodi PGSD


Nina Hastina, S.Pd, M.Pd
Nip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar